Kamis, 20 Juni 2019

ILMU RASM & DHABT

Harga : 25.000
Penulis : Syaikh Abu Abdit Tawwab Abdul Majid Rayyasy
Ukuran          
18.5 x 25,5 cm        
           
           
Kover Berat        
Soft 200 gr        
           
Jumlah Halaman 50 halaman    

Al-Qur-an Al-Karim ketika pertama kali dibukukan di zaman sahabat Nabi ﷺ, kondisinya masih sangat sederhana,

yaitu tanpa titik, harakat, dan tanda baca lain pada huruf-hurufnya. Keadaan seperti ini di samping menyulitkan sebagian orang dalam membacanya, juga memungkinkan terjadinya multi versi dalam membacanya dan multi tafsir dalam memaknainya.

Namun, kondisi seperti itu dari waktu ke waktu mengalami perubahan dan penyempurnaan seiring dengan tuntutan dan kebutuhan hingga keadaannya seperti yang kita lihat sekarang ini.

Buku ini memaparkan tentang ilmu rasm dan dhabth. Rasm artinya tulisan al-Qur-an yang terdiri dari huruf-huruf hijaiyyah. Sementara dhabth adalah tanda baca seperti harakat, huruf-huruf kecil, tanda wakaf dan hamzah yang ditambahkan dalam mushaf Utsmani.

Penulis membedakan antara rasm utsmani asli dan tanda baca tambahan dengan tinta merah agar mudah dikenali bahwa yang bertinta merah adalah tambahan dari ulama dhabth.

Tanda-tanda baca yang ditambahkan dalam mushaf tersebut memiliki makna dan fungsinya masing-masing sehingga membantu pembaca dalam membaca al-Qur-an dengan benar.

Buku ini sangat penting bagi kaum muslimin di Indonesia karena merupakan buku pertama yang mengangkat tema ini. Di samping itu, hingga kini belum ada satupun ulama Indonesia yang tampil untuk menekuni ilmu ini.
author
PUSTAKA TIMUR INDONESIA
┃ Senin-Jum'at pukul 10.59 WIB
   Order lewat dari jam tersebut Ikut pengiriman besok
┃ Sabtu pukul 08.59 WIB
   Order lewat dari jam tersebut Ikut pengiriman hari Senin
┃ Ahad/Tgl Merah Libu